TUGAS
PBM DAN TIK MATEMATIKA
“MATH
DOMINO”
Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Mata Kuliah
PBM dan TIK Semester 2
Program Studi Pendidikan Matematika
Dosen Pembimbing :
Prof.Dr.Zulkardi,M.I.Komp
Weni Dwi,S.Pd,M.Sc
Disusun Oleh :
Kelompok 8
1. Novi Suryani
2. Fitriyah
3. Amy Arimbi
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PEDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat-Nya
penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Sholawat teriring salam semoga selalu
tercurah kepada suri tauladan kita Rasulullah SAW , beserta keluarga , sahabat
dan pengikutnya yang tetap istiqomah hingga akhir zaman.
Dalam
makalah ini penulis mengambil judul TUGAS
PBM DAN TIK MATEMATIKA “MATH DOMINO” yang
berisi pemahaman materi bagi siswa sebagai saran belajar agar siswa lebih aktif
dan kreatif. Dalam penulisan makalah ini penulis banyak mendapatkan bantuan
baik berupa tenaga dan ide dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tak
langsung. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih dengan tulus
kepada:
1. Bapak Prof.Dr.Zulkardi,M.I.Komp dan Ibu Weni,S.Pd,M.Sc selaku dosen pembimbing
2.
Orang tua
, serta teman-teman kelas Pendidikan Matematika Palembang 2015
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak sekali kekurangan.
Oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun dari semua pihak. Penulis berharap semoga makalah ini dapat
memberikan manfaat untuk menambah ilmu pengetahuan bagi semua pihak yang
membacanya di masa yang akan datang.
Akhirnya atas segala bantuan yang telah diberikan, penulis
mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
Rahmat dan Ridho-Nya kepada kita semua. Dan akhir kata penulis berharap kiranya
makalah ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.
Palembang
, 01 Februari 2016
Penulis
ISI
Materi
: Akar, Turunan, Bangun datar,
Peluang, Trigonometri, Limit dan Logaritma.
Tujuan
: Untuk melatih kemampuan berhitung
siswa dengan metode mengingat atau
melatih kemampuan berhitung siswa tanpa menggunakan kertas.
Motivasi : Saya membuat alat peraga Matematika
berupa permainan ini mendapatkan motivasi dari sebuah permainan rakyat yakni domino.
Domino yang saya buat ini dikemas dalam bentuk full color dari matematika, jadi
siswa akan dibuat berfikir keras untuk menyelesaikan permaian “Math Domino”
ini.
Dalam
pembuatan alat peraga MONIKA dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut :
Ø Alat
dan Bahan
a.
Kertas foto
b.
Gunting
c.
Microsoft Office Word 2007
Ø Cara
membuat “Math Domino”
- Buatlah kotak-kotak dasar layaknya kotak persegi panjang yang dibagi menjadi dua , pada Microsoft Office Word 2007 sebanyak 28 kotak seperti domino pada umumnya. Ukuran yang digunakan seperlunya saja, jangan terlalu besar atau kecil.
- Setelah kotak selesai dibuat, kotak-kotak tersebut diisi dengan simbol dan pertanyaan yang sesuai dengan materi Perpangkatan, Akar, Turunan, Bangun datar, Peluang, Trigonometri, Limit dan Logaritma sehingga menyerupai bentuk kartu domino pada umumnya.
- Kemudian print atau cetak hasil olah dari kartu-kartu tersebut
- Kartu-kartu tersebut digunting sesuai dengan pola yang telah disediakan.
- Susun kartu-kartu tersebut secara berurutan layaknya kartu domino pada umumnya
Ini adalah gambar dari langkah-langkah membuat “Math Domino”
Ø Cara menggunakannya atau
cara memainkannya
a.
Tunjuk 4 siswa untuk
memainkannya.
b.
Setiap siswa masing-masing
berhak mendapat 7 kartu.
c.
Prosedurnya sama seperti
pada prosedur permainan domino biasanya.
(lihat gambar berikut)
d. Untuk
menentukan siapa pemenangnya yaitu dengan menghitung berapa jumlah nominal
keseluruhan kartu domino yang tersisa dari tiap-tiap siswa.
PETUNJUK:
PENUTUP
Dari
alat peraga Matematika yang kelompok kami buat yaitu “Math Domino” dapat
memberikan nilai-nilai positif kepada siswa yang hendak akan diajarkan. Karena
model alat peraga berupa permainan yang mengasah kemampuan ingatan seorang
siswa.
Jadi disini siswa dilatih kemampuan
menghitung diluar kertas atau tanpa mencoretnya kertas agar siswa bisa lebih
menjadi kreatif dan terus mengingat materi-materi pelajaran Matematika yang
tertera di domino tersebut. Dan juga alat peraga ini dapat merangsang kemampuan
kreatifitas siswa dalam menyusun tata letak domino atau melatih strategi dalam
bermain agar dapat memperoleh kemenangan disetiap babak yang disediakan.
LAMPIRAN
Ø Prof.Dr.Zulkardi
Harun,S.Pd,M.I.Komp
Menurut bapak Prof.Dr.Zulkardi
Harun,S.Pd,M.I.Komp selaku dosen pembimbing kami, sebenarnya karya alat peraga
yang telah kelompok kami buat itu sudah bagus dan kreatif. Tapi disini Pak
Zulkardi menyatakan bahwa ada kekurangan dalam proses demonstrasi alat peraga
ini. Kekurangannya yaitu kelompok kami kurang media untuk memainkannya. Sebagai
saran Pak Zulkardi meminta kelompok kami sebaiknya menyediakan suatu meja atau
wadah untuk memainkannya agar siswa atau penonton dapat menyaksikan semua bukan
hanya yg duduk di depan saja. Atau kami sebaiknya membentuk audiens menjadi
beberapa kelompok agar seluruh audiens bisa ikut juga memainkannya.
Ø Weni,S.Pd,M.Sc
Sama seperti yang
dikatakan pak Zulkardi , menurut ibu Weni,S.Pd,M.Sc selaku dosen pembimbing
kami juga alat peraga yang kami buat itu sudah kreatif. Akan tetapi sebaiknya
materi yang dicantumkan dalam domino ini jangan bercampur , melainkan satu
topik. Agar dalam prakteknya nanti bisa diberikan kepada siswa pada satu materi
tertentu dengan tujuan untuk lebih efektif dalam proses belajarnya.
Ø Aisyah Turidho
Disini yang disampaikan oleh
saudari kami Aisyah Turidho sama halnya dengan yang disampaikan oleh Pak
Zulkardi dan Ibu Weni. Bahwa dalam proses demonstrasi “Math Domino” ini
alangkah baiknya jika menggunakan media lain seperti ditempel di karton yang di
pajangkan di depan kelas agar semua audiens bisa melihat dengan saksama. Atau
bisa menggunakan media ppt dengan membuat sebuah model permainan domino
sederhana dengan aplikasi yang ada di dalam komputer.
0 komentar:
Posting Komentar